Program Kerja Dharmopadesa Pusat (2014 - 2019) Bidang Keorganisasian/Kawedanaan

Rencana Program Rencana Realisasi (Th 2015)
menyempurnakan kembali anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, sesuai dengan amanat masasabha
Menata pada anggaran dasar, tentang penggunaan lambang-lambang dari Dharmopadesa, baik itu juga di pusat maupun di daerah-daerah juga dalam kaitannya pada penempatan lambang di stempel, agar ada kejelasan.Lambang juga patut diberikan arti dan pemaknaannya.
3. Menata pada anggaran dasar, perihal pengistilahan dari wiku tapiniu menjadi dharma tapini dalam kaitannya dengan Dharma Ghossana. Agar ada kejelasan, hal ini menjadi penting untuk menghindari kerancuan antara posisi Ida Pedanda lanang dan Ida Pedanda Istri dalam organ lembaga.
4. Menata pada anggaran dasar sistem admministrasi atau sistem surat menyurat organisasi, utamanya dalam hal penandatanganan surat, apakah ketua harian atau ketua umum yang menandatangani segala administrasi surat menyurat. kapan ketua harian menandatangani, semuanya harus jelas posisinya.
5. Penggandaan AD/ART untuk disebar luaskan kepada masing-masing cabang Dharmopadesa di wilayah Bali dan wilayah nusantara, juga kepemilikan buku pedoman keorganisasian Dharmopadesa berupa buku panduan, yang berisikan; 1) Aturan pembuatan stempel 2)Format kertas surat/amplop 3)Struktur organisasi 4)Bendera, 5) Arti simbol dalam logo Dharmopadesa, 6) Tata cara pengukuhan/pelantikan pengurus pada Lokasabha Kabupaten.
6. Mengakaji dan merencanakan dengan cermat agar organ-organ pengurus, Ida Pedanda Dharma Gosana, pusat mapupun daerah memiliki kartu pengurus dan pin pengenal.
7 Menata dalam AD/ART tentang struktur Yayasan Dharmopadesa dengan struktur organisasi Dharmopadesa yang bersifat kordinatif, dimana organisasi bisa saling memberi saran dan pendapat yang sifatnya kontruktif guna kebaikan bersama.
8 Membuat data base yang jelas akan keberadaan semeton seluruhnya, dengan kata lain mengadakan sensus agar data data akurat semeton Warih Ida Bhatara Lelangit se-Nusantara.
Menata dalam AD/ART kesetatusan semeton yang ada diluar Bali, mengenai data keberadaanya, juga mengenai status dalam organisasi, apakah disebut cabang, atau wilayah.
10 Menyiapkan keputusan untuk masing-masing kabupaten/kota dan seluruh perwakilan di luar Bali agar menyelenggarakan lokasabha.
11. Bertanggung jawab kepada ketua umum dan harian terhadap program kerja yang telah dilakukan.